FAQ

Apa itu EMS dan bagaimana kerjanya?

EMS merupakan singkatan dari 'Electro Muscular Stimulation'. Secara teknis, metode olahraga dengan EMS adalah sebuah latihan menyeluruh menggunakan sistem impuls. Dalam kehidupan sehari hari, sistem saraf pusat kita terus menerus mengirimkan listrik impuls untuk mengendalikan otot kita. EMS mencoba menerapkan dasar hukum alam ini dan mampu mendalami proses ini untuk mencapai suatu sistem yang dapat mencapai lapisan otot lebih dalam, yang sulit untuk dilakukan melalui pelatihan konvensional. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan elektroda dari EMS kepada kulit secara langsung di atas otot. Dari segala informasi tersebut, kita dapat artikan bahwa latihan EMS adalah sebuah latihan secara intensif dengan menggunakan alat stimulasi berbasis elektrikal yang berasal dari luar tubuh anda. Sebagai tambahan, anda akan mendapatkan hasil yang terbaik jika anda menerapkan gaya hidup aktif dan menggunakan perangkat EMS dari kami. Otot yang ada dikuatkan kembali melalui rangsangan melalui elektroda saat melakukan serangkaian program latihan. Kombinasi yang ada akan berfungsi sebagai tambahan meningkatkan efektivitas hasil latihan. Pelatih pribadi anda nantinya akan dapat mengendalikan setiap kelompok otot anda dengan menyesuaikan intensitas latihan menurut kemampuan dan tujuan anda. Melalui latihan EMS, anda dapat meraih kesuksesan nyata dalam waktu yang singkat.

Klik di sini untuk membaca lebih banyak tentang riset dan penelitian

Mengapa EMS dari Miha Bodytec berbeda dari tipikal mesin EMS yang biasanya ditawarkan pada program televisi?

Miha Bodytec adalah penguasa pasar di teknologi EMS dan sudah menguasai 99% pasar di dunia. Miha Bodytec dapat menstimulasi semua mayoritas bagian otot ditubuh anda secara bersamaan dan tidak saja menargetkan ke bagian otot secara spesifik seperti mesin EMS yang ditawarkan oleh program-program di televisi. Latihan EMS menggunakan Miha Bodytec biasanya memberikan latihan dengan posisi berdiri, yang secara aktif memberikan latihan dengan gerakan yang dampaknya tidak berbahaya. Dengan Miha Bodytec, setiap bagian otot anda akan mendapatkan stimulasi dan dilatih secara terpisah sesuai dengan tujuan dan kebutuhan anda. Bagian agonis dan antagonis selalu distimulasi pada waktu yang sama, yang berarti anda bisa menggunakan 90% jaringan otot diantara 2 elektroda, termasuk lapisan otot bagian dalam. Mesin EMS yang ‘aman’ beroperasi pada satu frekuensi tertentu dengan waktu yang sudah ditetapkan (biasanya 0.5 detik) pengaturan untuk metode sisa impuls (waktu yang dibutuhkan untuk konstruksi dan waktu yang dibutuhkan untuk sel otot beristirahat). Mesin kami beroperasi di frekuensi yang berbeda, tergantung dari latihan dan bagian otot dan berbeda di setiap lokasi di tubuh manusia. Mode di mesin latihan kami tetap berjalan 3-4 detik dari waktu istirahat diantara 3-4 kali impuls. Riset membuktikan jika anda tidak menjaga minimum 1 detik dari waktu istirahat diantara impuls, akan mengakibatkan sel otot yang sangat lelah di waktu yang sangat singkat (1 – 2 menit ) yang bisa berbahaya untuk jaringan otot anda.

Mengapa latihan di 20FIT lebih efektif dibandingkan latihan di tempat gym konvensional?

Stimulasi elektroda yang dilakukan berlangsung di wilayah intensitas yang tinggi. Selama latihan bersama 20FIT, 90 % otot diantara dua elektroda digerakkan secara bersamaan dengan setiap siklus kontraksi. Selain itu, kontraksi otot yang dihasilkan cenderung lebih kuat dan lebih intens dibandingkan melakukannya secara sendiri. Apabila dibandingkan dengan pelatihan beban konvensional lainnya, latihan EMS akan membuat kelompok otot bagian dalam maupun luar koordinasi otot anda menjadi lebih baik. Oleh karena itu terbukti secara ilmiah bahwa anda akan mendapat manfaat yang banyak dalam waktu yang singkat. Mengingat kontraksi waktu dan intensitas untuk melatih otot, manfaat yang dihasilkan dari 20 menit berlatih dengan 20FIT sebanding dengan beberapa jam latihan beban di tempat fitness konvensional. Secara tidak langsung, berarti latihan bersama 20FIT akan membuat anda mendapatkan hasil yang nyata lebih cepat.

Berapa banyak waktu yang anda hemat ketika mengikuti latihan EMS di 20FIT?

Latihan di gym pada umumnya, termasuk melakukan kegiatan pemanasan, akan menghabiskan waktu 1-1,5 jam per sesi. Untuk melihat dan merasakan hasilnya, anda harus berlatih setidaknya 2-3 kali dalam seminggu yang berarti membutuhkan waktu kurang lebih sebanyak 6 jam atau lebih setiap minggunya. Beberapa orang tidak mempunyai waktu tersebut untuk menjadi fit dan menjaga tubuh ideal. Dengan 20FIT, anda cukup berlatih sampai dengan 20 menit setiap minggunya untuk mendapatkan hasil yang sama dengan latihan mengangkat beban dalam waktu yang lebih lama.

Apakah latihan EMS membahayakan? Apakah akan melukai tubuh anda?

Tidak. Sekarang ini, penggunaan impuls dengan frekuensi yang rendah telah digunakan secara luas untuk latihan dan rehabilitasi terapi. Otot merupakan organ electro chemical dan membutuhkan impuls electric dari saraf pusat untuk berkontraksi. Teknologi dari EMS menggunakan prinsip alami ini, mampu mengintensifkan kontraksi dengan menerapkan elektroda langsung di atas otot.

Apakah latihan EMS menyakitkan?

Tidak. Mesin yang kami gunakan di 20FIT berjalan pada frekuensi impuls yang rendah dan otot kita tidak membedakan antara impuls alami yang berasal dari otak atau impuls eksternal melalui elektroda.

Apakah setiap orang dapat melakukan program latihan EMS? Apakah saya harus menghindari latihan EMS apabila saya mempunyai kondisi yang tidak memungkinkan?

Sebagian besar kalangan dapat mengikuti program latihan EMS. Namun apabila anda mempunyai kondisi kesehatan tertentu yang membuat anda ragu untuk berpartisipasi pada kegiatan olahraga, anda perlu terlebih dahulu menghubungi dan melakukan persetujuan kepada pihak medis. Berikut adalah contoh kondisi medis yang tidak diperbolehkan untuk mengikuti sesi latihan EMS :

  • Pengguna alat pacu jantung
  • Memasuki masa kehamilan
  • Memiliki gangguan peredaran darah yang parah & gangguan peredaran darah arteri
  • Memiliki gangguan abdominal atau hernia
  • Memiliki riwayat TBC
  • Terdapat penyempitan pembuluh nadi dan sudah tergolong stadium lanjut
  • Memiliki riwayat Diabetes Melitus
  • Memiliki gangguan neurologis parah seperti epilepsi atau multiple sclerosis
  • Mengalami demam, infeksi bakteri atau virus akut
  • Mengalami pendarahan baik sedang maupun berat
  • Apabila anda mempunyai kondisi kesehatan lainnya yang tidak tercantum diatas, silahkan untuk menghubungi terlebih dahulu pihak medis untuk dilakukan persetujuan sebelum dilakukannya sesi latihan EMS.

Apakah latihan EMS mempunyai efek samping secara jangka panjang?

Tidak. Dengan 20FIT, latihan EMS ini menggunakan impuls dengan frekuensi yang rendah dan tidak akan membahayakan tubuh. Tubuh membutuhkan electrical impuls dari sistem saraf pusat yang akan mengarah ke kontraksi otot dan EMS hanya menggunakan prinisip natural seperti itu dengan cara intens dan efektif. Tidak ada efek samping dari latihan EMS.

Apa yang dikatakan ilmuwan olahraga terkait EMS??

Beberapa studi dari University of Bayreuth (2002-2003), Erlangen-N'rnberg (2009) dari German Sporthochschule K'ln (2008) dan ditambah pula oleh institusi jantung, Bad Oeynhausen (2010) telah menunjukkan efektivitas dari penggunaan EMS untuk media olahraga. Orang yang terlatih dan tidak terlatih bahkan dapat melihat hasil yang nyata pada waktu yang singkat. Sebagai fakta, tidak hanya pembentuk badan secara umum saja yang dapat merasakan manfaat dari EMS. Ternyata, latihan EMS juga bekerja sangat baik untuk meningkatkan kecepatan atlet. Hal ini dikarenakan serat otot telah diaktifkan sebelumnya dengan metode impuls yang terkandung dari EMS. Kemudian, EMS juga bekerja dengan baik ketika kita memfokuskan untuk memperbaiki kinerja di daerah tertentu yang ditargetkan seperti pantat, perut atau belakang, terutama untuk mengurangi rasa sakit punggung. Selanjutnya dan yang paling penting adalah bahwa EMS tidak sama seperti metode latihan konvensional yang cenderung tidak melakukan penekanan pada sendi tertentu. Klik di sini untuk membaca lebih banyak tentang riset dan penelitian.

Apakah aman dan higienis apabila menggunakan perlengkapan latihan secara bergantian dengan orang lain?

Dalam sesi latihan menggunakan EMS, merupakan sebuah kewajiban dari seluruh klien kami untuk mengenakan pakaian latihan khusus berbentuk rompi yang dikenakan selama sesi pelatihan. Pakaian khusus tersebut akan berfungsi untuk menyalurkan sistem elektroda dari Miha Bodytec dan tentunya tidak akan membuat kontak langsung dengan kulit anda. Elektroda ditutupi dengan kulit anti-bacterial khusus yang terdapat pada kain untuk meningkatkan sisi higienitas dan keamanan. Elektroda dibersihkan secara teratur dengan sebuah deterjen khusus dan digantikan setelah enam bulan penggunaan dengan diiringi penggantian elektroda.

Kenapa EMS itu efektif?

Pada latihan EMS, 90 % otot digerakkan secara bersamaan dengan setiap kontraksi yang ada. Setelah itu, kontraksi otot yang dilakukan cenderung lebih kuat dan lebih intens dibandingkan melakukannya sendiri melalui latihan biasa. Apabila dibandingkan dengan latihan konvensional lainnya, latihan EMS akan membuat kelompok otot bagian dalam maupun luar koordinasi otot anda menjadi lebih baik. Oleh karena itu terbukti secara ilmiah bahwa anda akan mendapat manfaat yang banyak dalam waktu yang singkat.

Sudah berapa lama teknologi EMS digunakan?

Awalnya pada tahun 1902, peneliti dari Perancis menemukan mesin stimulasi pertama yang berhasil ia gunakan untuk mengobati kelumpuhan terkait dengan otot. Lalu, penelitian lebih lanjut pun dilanjutkan dan pada 70 tahun kemudian dua ilmuwan Rusia, Kotz dan Chwilon, membuktikan secara luar biasa hasil dari rangsangan otot kepada manusia. Eksperimen mereka menunjukkan 30-40%, stimulasi tersebut meningkatkan kekuatan otot secara fisik dan mental dalam upaya waktu yang singkat. Pada saat itu, penggunaan metode EMS ini diutamakan dalam terapi untuk pengobatan dan rehabilitasi otot dan ketidakseimbangan otot pada kalangan profesional dan olahragawan dalam meningkatkan kinerja mereka. Metode olahraga dengan EMS, sampai saat ini sudah sangat populer di berbagai dunia khususnya Eropa dan telah terbukti sebagai metode latihan yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan.

Apakah kita bisa mengurangi berat badan melalui latihan EMS?

Saat ini, stigma banyak kalangan mengenai bagaimana menurunkan berat badan dan mendapatkan badan ideal, biasanya dikaitkan dengan program diet. Berbagai kalangan melakukan program diet dengan tujuan untuk menghambat konsumsi kalori yang berlebihan. Hal ini kerap memicu pengurangan berat badan jangka pendek yang sayangnya diiringi pula dengan pengurangan jaringan massa otot. Kombinasi dari salah asupan, kurangnya latihan atau latihan ketahanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan metabolisme tubuh dapat membuat permasalahan baru. Dalam situasi tubuh mengalami kekurangan secara terus menerus karena disposisi genetik lemak, tubuh masih cukup memiliki kekuatan cadangan dalam keadaan darurat. Ini disebut sebagai Yoyo-effect yang biasanya sering muncul setelah selesainya diet atau sejak pengurangan metabolisme fundamental tubuh lalu diikuti munculnya pengurangan jaringan otot dan lebih banyak kalori yang diambil secara berlebihan. Pada upaya pengurangan berat badan, dengan latihan daya tahan maka akan memunculkan efek negatif tertinggal, tapi tidak ada massa otot dibangun selanjutnya. Meskipun, intensitas latihan meningkat, namun tidak dengan intensitas fundamentalnya. Penurunan massa otot justru seringnya muncul ketika latihan ketahanan dilakukan secara rutin. Sebuah metode yang efektif dan berkesinambungan untuk melakukan penurunan berat badan dan lemak tubuh adalah dengan Miha Bodytec dimana anda dapat melakukan peningkatan massa otot namun bebas penambahan lemak. Berhubungan dengan aktivitas metabolik yang tinggi selama dan saat berlangsung selama berjam-jam setelah latihan EMS, maka volume kerja yang tinggi dan intensitas fundamental meningkat secara jangka panjang melalui perubahan massa otot. Dengan melakukan konsumsi nutrisi sehat secara pararel, berat badan dapat dikurangi secara tepat dan berkelanjutan. Penurunan berat badan dan kadar lemak dengan latihan menggunakan Miha Bodytec dapat dirasakan oleh wanita seiring berkurangnya ketebalan lemak terutama di daerah rawan masalah pertebalan seperti pinggang, pinggul dan paha. Pengetatan dibagian dada dan lengan juga dapat disingkirkan.

EMS untuk pembentukan badan ideal

  • Selulit: pengobatan anti-selulit membutuhkan kegiatan dan stimulasi. Tidak hanya mengobati permukaan saja, EMS juga mengaktifkan otot dan jaringan ikat secara keseluruhan yang mengarahkan sirkulasi menjadi lebih baik dan mengurangi sel-sel lemak yang berlebih. Hasilnya adalah otot menjadi lebih terbentuk dan lebih kencang.
  • Lemak dan berat badan: Latihan EMS merupakan solusi optimal untuk mengurangi berat badan dan penghapusan lemak. Mengkonsumsi makanan sehat saja tidak cukup, anda perlu secara efektif melakukan latihan untuk mengurangi lemak di beberapa area badan. Dengan mengikuti program latihan EMS, anda dapat fokus mengurangi kadar lemak di beberapa bagian seperti perut, pinggang, pinggul, paha atau bahkan bagian sayap anda.
  • Meningkatkan sirkulasi : Latihan menggunakan EMS dapat meningkatkan sirkulasi melalui semua jaringan ikat yang membantu meningkatkan mencerahkan warna kulit anda serta penghapusan efek samping produk atau racun di dalam metabolisme kelenjar getah bening anda. EMS juga dapat membantu merangsang organ-organ internal dan peristaltik. Kini, kesehatan dapat dengan mudah didapatkan!

EMS untuk rehabilitasi dan kesehatan

Pada semua tingkatan: latihan EMS memiliki serangkaian manfaat dari sisi terapis dan juga menginisiasikan kesehatan secara jasmani maupun rohani.

  • Pengurang rasa sakit: Sakit punggung atau tulang belakang adalah permasalahan paling umum dialami banyak orang. Salah satu penyebab utamanya adalah ketidakseimbangan otot pada tubuh yang disebabkan oleh minimnya gerakan ataupun aktivitas yang dilakukan dalam keseharian. Latihan EMS menargetkan dan memperkuat lapisan kelompok otot tubuh lebih dalam. EMS juga membantu mengurangi rasa sakit tulang belakang yang biasanya sulit untuk dilakukan melalui metode konvensional.
  • Rehabilitasi dan mobilitas: Setelah mengalami cidera atau menjalani operasi, volume dan kekuatan otot anda akan menurun. Berlatih dengan EMS akan mendukung secara perlahan dan optimal untuk membangun kembali otot atau kelompok otot anda. Semua latihan dapat dilakukan baik dalam posisi horizontal atau posisi berdiri.
  • Mengatasi Inkontinensia : Inkontinensia atau gangguan buang air kecil (BAK) merupakan permasalahan medis dimana penderitanya mengalami terlalu sering BAK atau bahkan sampai mengompol. Salah satu masalah kandung kemih tersebut adalah hal yang umum dan membuat kita tidak percaya diri. Dengan latihan EMS, anda dapat mencegah dan mengatasi penyakit tersebut dengan cara memperkuat otot panggul setelah menjalani beberapa sesi latihan. Pelatihan EMS juga sangat bermanfaat bagi perempuan yang menghadapi kelemahan kandung kemih pasca kehamilan.

EMS untuk olahragawan.

  • Terkait dengan dunia olahraga dan kinerja, Miha Bodytec adalah pendamping yang sempurna untuk atlet. Latihan menggunakan perangkat EMS lalu dikombinasikan dengan latihan konvensional akan dengan cepat mengarahkan mereka ke level kekuatan yang baru dan kinerja yang lebih baik. Pelatihan ini sangat menarik untuk atlet yang melakukan jenis olahraga yang berhubungan dengan kecepatan sehingga latihan kecepatan khusus sangat diperlukan.
  • Berhubungan dengan pembentukan otot dan definisinya, Miha Bodytec bekerja dengan sistem rangsangan elektro kepada otot untuk mencapai kontraksi otot yang lebih kuat dan lebih intens dibandingkan dilakukan secara mandiri. Melalui sistem EMS tersebut, anda bisa meningkatkan massa otot dan mencapai target yang lebih baik serta membuat otot lebih kuat dan lebih responsif. Hasilnya adalah otot anda akan menjadi lebih efisien. Namun, semuanya tetap bergantung pada intensitas dan tujuan masing-masing individu.
  • Berbicara mengenai kekuatan dan latihannya, melalui latihan EMS anda akan mendapatkan ketahanan yang lebih baik dalam jangka waktu yang lebih pendek. Penyesuaian intensitas masing-masing individu, durasi dan frekuensi membantu anda mencapai tujuan latihan anda secara cepat, efektif dan konsisten. Tidak dapat dipungkiri apakah itu meningkatkan kekuatan anda anda atau meningkatkan ketahanan secara total dari tingkat kebugaran anda.

Mengapa saya harus mengkonsumsi minuman istonik atau energy drink?

Tingkat latihan yang intens akan membuat anda melakukan mobilisasi dengan cepat. Energi anda pada saat itu akan lebih mudah terkuras dengan cepat. Dengan melakukan konsumsi minuman berenergi, tubuh kita akan lebih terjaga sehingga dapat membantu anda meraih hasil maksimal dari setiap sesi latihan anda.

Mengapa saya perlu untuk meminum suplemen tambahan?

Hal ini dikarenakan 36-48 jam sesudah anda melakukan latihan, tubuh anda mulai untuk meningkatkan konsumsi kalori. Namun, konsumsi kalori yang dilakukan sama dengan melakukan pembakaran lemak. Suplemen seperti protein shake membantu anda memelihara otot-otot anda, sehingga ketika semakin banyak lemak yang meningkat maka konsumsi kalori akan terpengaruh.

Mengapa berlatih hanya selama 15 menit?

Berdasarkan data kami, 15 menit latihan menggunakan EMS akan membuat 38,250 potongan kontraksi pada setiap kelompok otot bekerja. Hal tersebut juga sudah termasuk dengan sesi menstabilkan otot. Dengan kata lain, hasilnya akan lebih baik sekitar 150 kali dibandingkan dengan harus melakukan latihan olahraga yang normal di tempat kebugaran lainnya. Lebih dari 15 menit latihan akan membuatnya tergolong dalam overtraining dan cenderung akan melemahkan otot anda.

Mengapa saya perlu untuk beristirahat sekitar 2 hari diantara latihan-latihan saya?

Hal ini dikarenakan program latihan yang kami bentuk pada setiap sesinya tergolong intens untuk memaksimalkan perkembangan anda. Selain itu, hasil training yang didapatkan mungkin saja terdapat perbedaan tergantung dari kondisi tubuh masing-masing orang. Apabila anda berlatih terlalu sering, di satu sisi anda akan terlalu memforsir tubuh anda dan di sisi lainnya anda sebenarnya tidak akan mendaptkan hasil yang lebih baik lagi. Kita tahu bahwa kekuatan tubuh juga memiliki batas sehingga justru akan tidak baik apabila kita terus memaksakannya. Dua atau tiga hari jeda diantara sesi latihan adalah hal yang kami sarankan untuk mencapai hasil yang optimal.

Mengapa saya harus secara reguler mengikuti program latihan 20FIT?

Pada dasarnya, konsistensi latihan itu sangat diperlukan. Melalui latihan yang rutin dan teratur, anda akan lebih mudah mencapai hasil yang diinginkan. Dalam setiap sesi latihan di 20FIT, badan anda khususnya bagian otot akan secara reguler distimulasi untuk menjadi lebih baik. Apabila anda terlalu sering beristirahat diantara sesi latihan anda, perkembangan anda tidak akan terlihat secara signifikan. Dalam hal ini, kita memang juga perlu untuk memperhatikan pemulihan otot, namun yang juga tak kalah pentingnya adalah bahwa kita tidak dianjurkan untuk benar-benar mengistirahatkan otot kita. Tujuannya adalah tentunya agar kita dapat meraih hasil yang baik dan pada akhirnya dapat mencapai tujuan kita. Kita dapat mengatur latihan yang optimal setiap 2-3 hari. Peremajaan tubuh yang cukup seperti maksimal dua kali latihan seminggu, bergaya hidup aktif dan menjaga pola makan akan menunjang kesehatan anda tanpa menganggu pekerjaan sehari-hari anda.

AYO COBA & RASAKAN MENGAPA KAMI BEDA
DAPATKAN BACK2BACK TRIAL HANYA IDR 249K